4 Hal Penting Saat Kembali ke Dunia Kerja

#Tags

DATALOKER.com ( Tips Kerja ) | Kawan kawan Pencari kerja yang senantiasa membaca artikel post dari situs ini, kali ini admin mau berbagi tips jika kawan kawan terlalu lama berhenti bekerja...

Cukup lama cuti atau tak bekerja, membuat seseorang harus menyesuaikan diri lagi saat akan kembali ke dunia kerja yang telah lama ataupun sebentar ditinggalkan.

Keadaan ini biasanya banyak dialami kaum wanita, alasannya beragam, ada yang karena menikah, punya anak, karena ingin mengurus keluarga, dan beragam alasan lainnya.

Saat ingin bekerja lagi, mungkin akan ada perasaan canggung dengan suasana kerja. Namun sebenarnya tak perlu cemas berlebihan, karena ada beragam cara sederhana yang bisa dilakukan demi menyiapkan mental sebelum kembali bergelut dengan pekerjaan.

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa membantu Anda saat mempersiapkan diri untuk kembali ke dunia kerja seperti yang admin kutip dari situs nurse.com :

4 Hal Penting Saat Kembali ke Dunia Kerja


1. Lebih Selektif Memilih Dan Mencari Pekerjaan Baru

Saat membuat lamaran kerja sebaiknya tulis jujur kondisi saat ini dan alasan kenapa Anda lama tidak bekerja, atau cari orang yang bisa membuat tulisan Anda gampang dipahami dengan alasan tersebut, sehingga resume Anda pun tidak dianggap sebelah mata.

Buat dan siapkan kartu namu sederhana, namun elegan dengan mencantumkan nama, nomor telepon dan alamat email yang dapat diberikan setelah wawancara. Hal ini akan bermanfaat untuk memperkenalkan diri dan bisa memperluas jaringan kerja.

2. Realistis Menilai Lanskap Kerja

Bagi wanita, jika masih ada urusan seperti sedang menyusui bayi atau harus mengantar/menjemput anak ke sekolahnya, lanskap kerja mungkin telah berubah secara signifikan.

Oleh karena itu, Anda pun harus paham dengan lingkungan kerja saat ini, cari tahu dari rekan kerja atau orang berpengalaman yang pernah mengalami kondisi seperti Anda, dan saling berbagi pengalaman bagaimana mengatasi kondisi itu, setidaknya hal ini bisa membantu Anda ketika kembali bekerja.

3. Manfaatkan Jaringan Kerja Yang Anda Miliki

Menghubungi mantan rekan kerja, atau beberapa orang yang dianggap punya informasi tentang pekerjaan akan sangat membantu saat kembali mencari pekerjaan, apalagi jika bekerja di bidang yang sama.

Jaringan dan membangun hubungan merupakan aspek penting dari proses pencarian kerja, karena beberapa perusahaan biasanya tidak membuka lowongan kerja secara terbuka, tapi justru menerima pegawai berdasar kolega atau orang yang sudah dikenal.

Bahkan jika menganggur selama beberapa tahun dan melamar kembali di perusahaan yang direkomendasikan rekan Anda dengan beberapa pelamar potensial lain, meski resume kandidat-kandidat tersebut lebih baik, bukan tidak mungkin Anda yang bakal diterima.

Hal ini karena biasanya perusahaan lebih yakin memilih orang yang direkomendasikan oleh orang yang sudah dipercaya.

4. Bersabar Dengan Diri Sendiri

Kembali ke dunia kerja memang terkadang bisa membuat stres, tidak percaya diri atau jadi sangat berhati-hati saat bekerja.

Temukan cara untuk membangun rasa percaya diri tersebut dengan yakin akan keahlian dan kemampuan yang Anda miliki, sehingga ketika bekerja Anda pun sudah siap dengan segala hal baru yang akan dijalani kembali.​

Demikian tips atau pun strategi tentang Hal Penting Kembali ke Dunia Kerja yang bisa admin share hari ini, semoga bermanfaat...
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
@Dataloker Follow kami di Facebook !!!

Berlangganan artikel Gratis langsung via email...


Recommendeed...